Forum Inspirasi

"Small step for Big Destination…!

Pilihan Anda Sebagai Karyawan atau Usahawan

Posted by jameswayne pada 30 November, 2008

Menjadi Karyawan atau Usahawan

Menjadi Karyawan atau Usahawan

Pada hari minggu kemaren dalam sebuah undangan resepsi pernikahan, tanpa disangka saya bertemu seorang sahabat lama hamper 9 tahun tidak bertemu.Cerita punya cerita dia masih kerabat dari yang punya hajat pernikahan.Obrolan pendek pun berlangsung….

Intinya dia mengeluhkan pekerjaan dia yang menjadi karyawan di Perusahaan Bidang Fabrikasi Elektronik. Intinya dia merasa tersiksa dengan keadaan yang ada,…Bekerja laksana robot kemudian mendapatkan salary diakhir bulan…nahhh yg menghantui perasaan dia adalah ada rencana PHK besar besaran karena perusahaan tersebut terancam tutup karena Investornya mengalihkan pabrik nya di Negara berkembang lainnya dengan alasan iklim investasi di Indonesia buruk dan ditambah kenyamanan investasi yang tidak terjamin. Akhirnya obrolan kami berakhir karena sya harus pulang dan kami pun saling memberi info no HP untuk saling komunikasi nantinya.

Dari obrolan tersebut malamnya saya berfikir untuk berbagi di forum ini bagaimana seharusnya kita menentukan langkah apakah kenyataan hidup sebagai karyawan/buruh atao sebagai usahawan walau UKM tapi powerfull.

Pada dasarnya menjadi karyawan/buruh pun sangat bisa menopang kehidupan keluarga, seperti karyawan di Instansi Pemerintahan, BUMN maupun karyawan di perusahaan Swasta. Tapi sebagai karyawan seperti apa yg mampu menjadi tumpuan Hidup Keluarga?OK mungkin kita termasuk yang beruntung karena pengabdian kita sebagai karyawan membuahkan hasil dengan salary yang bagus, fasilitas dan tunjangan untuk keluarga yang cukup.Tapi kita tidak bisa menutup mata bahwa karyawan yg beruntung tersebut tidaklah sebanding dengan karyawan/buruh yang tidak beruntung, yang mana hanya mendapatkan salary yang syukur2 lebih tinggi sedikit dari UMR atau UMP.(maaf kenyataan regulasi di Indonesia yang mengatur hak buruh dan usahawan masih memihak kepada usahawan, akibatnya karyawan/buruh di Indonesia selalu berada diposisi lemah dan paling dirugikan). Sebagai contoh jika terjadi PHK missal kita hnya mampu menuntut pesangon yg syukur2 dikabulkan oleh pihak swasta(investor).Jikalaupun dapat pesangon sampai kapan bisa bertahan pesangon tersebut sampai kita mendapatkan pekerjaan baru???semudah itukah itukah kita mendapatkan pekerjaan baru di negeri ini, coba bandingkan antara pencari kerja dengan pekerjaan yang tersedia…..Kita bisa lihat sendiri di setiap Test masuk kerja apakah di Instansi pemerintahan maupun swasta??Menyedihkan bukan….Nah itu bukti bahwa Pemerintah kita gagal menyediakan lapangan kerja pagi rakyatnya….!!

Nahh dari kenyataan tersebut, mengapa kita2 baik yg tidak menyandang gelar maupun yang bergelar ST,SKom,SH, atau SSSSSSS yang lain tidak mengubah pola fikir dan mengubah mental dari seorang mental karyawan atau bagi yg baru lulus dengan mimpi menjadi PNS serta memimpikan pekerjaan di perusahaan besar diubah mentalnya menjadi Mental Usahawan yang powerfull……??….Yahhh bisa difahami mengubah paradigm lama memang sulit tidak semudah membalik telapak tangan….

Ok..kita sepakat banting setir menjadi Usahawan saja…Apakah mudah membangun sutu usaha yg mampu menjadi penopang hidup setidaknya bagi masa depan keluarga???

JAWABANNYA TIDAK SEMUDAH YANG DIBAYANGKAN???
AKAN TETAPI LEBIH MUDAH JIKA KITA MENJALANI SECARA LANGSUNG…

Yang sulit adalah mengawali suatu usaha dimana kita selalu dibayang-bayangi ketakutan apakah yg kita jalani ini akan bisa berhasil atau tidak….Makanya saya selalu menekankan kesiapan mental sebelum memutuskan untuk memilih menjadi usahawan, dan mental tidak bisa disiapkan begitu saja tapi perlu proses dan pengalaman.

KUNCINYA KERJA KERAS DAN PANTANG MENYERAH…NEVER GIVEUP BROOO
“JIKA TIKUS DALAM GOT AJA BISA BERTAHAN HIDUP MASA KITA MANUSIA YANG BERAKAL TIDAK BISA BERTAHAN MENGHADAPI KESULITAN YANG ADA””
Apa Mau kita disamakan sama tikus di got hehehehehehehe

Anda jangan pernah percaya ada suatu usaha yang bisa menjadikan anda kaya raya dalam waktu singkat…Bohong….Jika anda mempercayai hal tersebut lebih baik pergi ke kuncen gunung kawi menjadi member Forum Pesugihan saja….

Saya Berkeinginan Menjadi Usahawan tapi bidang apa yang yang akan saya garap???
Keluarkan segala potensi anda, inventarisir prospek sekitar anda, perbanyak berjalan untuk melihat situasi dan potensi pasar yang ada. Jika anda pernah hidup di kota besar dan suatu saat anda berada di kota yang lebih kecil niscaya naluri bisnis anda akan terusik..Mengapa???Anda akan bilang pada diri anda betapa potensi luar bisaa terbantang disini,…kayaknya usaha apa saja bisa berjalan disini….Nahh disini anda sebenarnya naluri bisnis anda mulai terasah..heheheh walau baru sekian persen …..

Saya sudah mendapatkan bidang usaha apa yang akan saya garap, tapi saya tidak punya modal…Gimana saya mesti memulai usaha saya tersebut….

Anda sudah punya modall…..modal utama anda adalah Tekat bulat dan mental untuk memulai usaha….Kepercayaan dan Kolega/mitra (ingat Bisnis adalah kepercayaan).
Dalam suatu bisnis banyak cara yang ditempuh untuk First actions bisnis kita, bisa dari hal yang sederhana atau dengan modal pas pas an, menggunakan modal orang lain dengan system profit sharing ( tapi yang satu ini berpotensi sulit bagi2 profitnya apalagi profit cecehan/potensi konflik lebih tinggi), dan masih banyak cara lainnya.
Contohnya sangat sederhana begini misalnya saya ingin bisnis counter HP/jualan pulsa, dan modal saya hanya satu juta rupiah apakah bisa saya realisasikan bisnis counter HP tersebut?? Sangat bisa….Nahhh kembali menggali potensi diri anda..mulai dari yang sederhana uang satu juta nihhh hari gini bisa untuk apa????
Buat diri anda menjadi Trade Mark bagi usaha anda…buat lingkungan anda,kantor anda, temen2 anda tau bahwa jika butuh pulsa, anda bisa menyediakan, jika butuh aksisoris hp anda bisa memberikan dan jika perlu contain hp anda bisa mendownloadkan dan lain sebagainya. Dengan sendirinya bisnis anda akan berjalan dan relasi anda semakin bertambah….dengan kondisi seperti ini apakah impian anda membuka kios Counter HP tidak bisa terealisasi??? Coba Tanya dengan jujur dengan diri anda..
Nahhh sebenarnya apa yang saya tulis disini baru 10 persen dari apa yang ingin saya bagi..yang pasti Anda jangan pernah melihat Kisah Sukses seseorang tapi lebih anda lebih baik dikisahkan sebagai usahawan sukses…So fahamilah bahwa kesuksesan tersebut tidak diraih dengan begitu saja tapi perlu proses dan terkadang pahit terasa……
Dilain waktu saya ingin berbagi bagaimana membangun usaha UKM lainnya,membangun relasi bisnis, dan mengembangkan Usaha yang telah ada….
Kerja keras anda Insya allah berbuah manis….”Allah tidak akan merubah nasib umatnya jika bukan umatnya sendiri yang merubahnya….” Syukuri segala hasil jerih payah anda walau masih sangat kecil…”Bersyukur merupakan salah satu bentuk control bisnis kita sehingga tetap berada di rell tujan bisnis itu sendiri, dan kita tidak menjadi kufur nikmat.
Demikian dulu semoga bermanfaat….dilain waktu saya ingin berbagi lebih dalam lagi….betapa peluang usaha sangat luar bisaa bisa dikembangkan…..

Tulisan ini sebelumnya pernah saya release di

http://www.forummikrotik.com/non-tech-articles/2346-pilihan-anda-sebagai-karyawan-atau-usahawan.html#post37088

3 Tanggapan to “Pilihan Anda Sebagai Karyawan atau Usahawan”

  1. walaupun susah saya pilih bisa mengerjakan orang dengan bayaran yang di atas rata2

  2. cinta minyak said

    klo boleh tau saat ini usaha apa yang sedang mas jalani ..

    ” Mampir kesini Official Website PERTAMINA

  3. jameswayne said

    Kebetulan sya bekecimpung di Bisnis IT, Percetakan, Investasi kebun karet, dan sejak 2010 coba peruntungan di dunia tambang batubara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: