Forum Inspirasi

"Small step for Big Destination…!

Kartu Kredit Solusi Atau Masalah

Posted by jameswayne pada 27 November, 2008

Kartu Kredit

Kartu Kredit

Dewasa ini hampir setiap orang memiliki Kartu Kredit (Credit Card), bahkan dalam satu dompet bisa terselip 2 atau 4 kartu kredit, hal ini selain kemudahan yang diberikan bank penerbit kartu kredit juga daya tarik akan fasilitas yang dimiliki oleh kartu kredit tersebut, Hanya bermodal KTP anda akan mudah mendapatkan Kartu Kredit. Boleh jadi Kartu Kredit merupakan Gaya Hidup masyarakat perkotaan masa ini. What ever lahhh…dalam kesempatan ini saya mencoba memaparkan apa itu Kartu Kredit, apa gunanya dan bagaimana menggunakannya.

Mengapa saya memberi judul tulisan ini dengan “Kartu Kredit Solusi Atau Masalah”? yahh sederhana saja kartu kredit bisa memberikan solusi akan tetapi kartu kredit bisa memberikan masalah finansial yang serius hal ini atas dasar pengamatan saya pribadi maupun dari teman-teman saya  dalam berurusan dengan Kartu Kredit. Mengapa Kartu Kredit itu merupakan salah satu Solusi masalah keuangan kita. Simpel saja Kartu Kredit merupakan alat bantu bayar yang dapat menggantikan uang tunai saat kita berbelanaja atau bertransaksi lainnya. Mengapa Kartu Kredit adalah Masalah? Ya tentu saja masalah jika kita sembarangan dan tidak bijak dalam memanfaatkan Kartu Kredit yakni tagihan bulanan beserta bunganya yang membengkak.

Kartu Kredit merupakan sebuah kartu pintar sebagai alat bantu bayar pada saat kita berbelanja atau transaksi lainnya. Jadi Kartu Kredit bisa menjadi pengganti sementara dari uang tunai yang tidak kita bawa atau memang saat dompet kita lagi cekak. Maksud pengganti uang tunai sementara disini adalah bahwa pada saat kita membayar belanja kita sebesar 500.000,- kita melakukannya tidak menggunakan uang tunai tapi cukup digesek dengan Kartu Kredit maka bill transaksi kita akan keluar sesuai harga dan total transaksi tersebut. Akan tetapi pada akhir bulan Bank Penerbit Kartu Kredit tersebut akan memberikan tagihan seluruh transaksi kita atas penggunaan Kartu Kredit tersebut. Jika kita membeli barang 500.000,- maka kita akan ditagih kepada kita sebesar 500.000,- juga. Bagaimana jika kita tidak membayar tagihan tersebut sampai jatuh tempo pembayaran…secara logika sah sah saja pihak Bank penerbit kartu kredit tersebut mengenakan bunga yang besarannya tergantung masing-masing kebijakan dan aturan bank tersebut (kisaran 2,5% – 4 %).Jadi kita diwajibkan membayar keseluruhan tagihan beserta bunganya. seandainya kita membayarnya lewat dari jatuh tempo pembayaran. Akan tetapi saat ini bank penerbit kartu kredit telah banyak memberi kemudahan dalam pembayaran dimana jika kita belum mampu melunasi keseluruhan maka kita hanya dikenakan pembayaran wajib minimum mulai dari 10%- …% dari total tagihan + bunga.Enak bukan udah dapat pinjaman bayarnyapun boleh tidak langsung lunas.

Jika kita mencermati dengan seksama banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari kartu kredit, biasanya Kartu kredit yang diterbitkan bank satu dengan yang lain berbeda beda fasilitasnya, akan tetapi fasitas utama mereka pada dasarnya sama yaitu sebagai alat Pengganti Pembayaran sementara, bahkan saat ini hampir semua kartu kredit memiliki fasilitas untuk menarik uang dari ATM atau merchan tertentu bahkan transfer uang, tentunya ada batas maksimumnya. Beberapa manfaat kartu kredit secara umum dalam realita kehidupan setiap hari adalah sebagai berikut:

1.Pada saat keadaan tertentu, misalkan anak sakit Uang Cash lagi kosong maka kita dapat membayar biaya rawat inap rumah sakit dengan menggunakan Kartu Kredit.Artinya anak cepat sehat biaya rumah sakit dapat dilunasi.

2.Kita dapat fasilitas diskon khusus jika kita berbelanja barang tertentu atau belanja di merchan tertentu.

3.Diskon-diskon lainnya penginapan hotel, restourant, lounge. Fasilitas Spa, bahkan bagi pemilik kartu kredit tertentu mendapat fasilitas ruang tunggu exlusive di bandara.

4.Bagi ibu-ibu yang belanja di super market dapat dengan mudah berbelanja tanpa harus membawa uang satu gepok, resiko kehilangan uang lebih kecil, karena kita tidak perlu membawa Cash Money dalam jumlah besar.

5.Bagi Bapak-bapak yang super sibuk, dapat menyatukan tagihan pembayaran dua buah nomor Handphone,beli pulsa kartu Pra Bayar, bayar TV berlangganan,Telepon Rumah,Tagihan Internet,  Tagihan lainnya hanya dengan menggunakan satu buah alat yang namanya Kartu Kredit.

6.Bagi yang hobby nonton bioskop ada lohh kartu kredit yang memberikan fasilitas beli tiket movie 1 dapat 2   kan asik tuhhh. Coba klo kita nonton film favorit “Laskar Pelangi” sekeluarga ( 10 orang) maka kita cukup membayar 5 tiket untuk mendapatkan 10 tiket .Brapa berapa rupiah coba yang dapat kita hemat jika satu ticket harganya 30.000,-.

7.masih banyak yang lain..

Dari berbagai kemudahan dan manfaat dari kartu kredit apapun bentuknya jika kartu kredit ini tidak digunakan dengan bijak dapat dipastikan menimbulkan permasalahan dibelakang hari oleh karena itu sebelum memiliki atau mempergunakan kartu kredit ada beberapa hal yang harus dicermati:

PERTAMA; Fahami fungsi dari kartu kredit tersebut.

KEDUA; Perhatikan kemampuan anda membayar disetiap tagihan akhir bulannya, jangan sampai tagihan kartu kredit melebihi kemampuan kita untuk membayar.

KETIGA;Jika tidak ingin beresiko terkena bunga dari tagihan kartu kredit pastikan kita memiliki uang simpanan yang dapat menutupi tagihan kartu kredit;

KEEMPAT;Biasakan membayar kartu kredit sebelum jatuh tempo agar tidak terkena bunga, seandainya belum bisa melunasi sekaligus tagihan dengan minimum pembayaran.

KELIMA; Bijak dan harus sangat bijak dalam menggunakan kartu kredit, jika anda memiliki istri yang hobi berbelanja sekalipun di beri kartu kredit beri dengan limit minimalis. Jika anak anda telah anda berikan Kartu kredit beri dengan limit minimalis, agar tidak salah guna. Jika anda tidak mampu mengontrol penggunaan kartu kredit maka masalah bisa timbul diuber uber debt collect bankir. Hutang Harus Dibayar Donk…

2 Tanggapan to “Kartu Kredit Solusi Atau Masalah”

  1. Betul sekali.. kalau kita bijak menggunakan dan langsung bayar cash ketika akan jatuh tempo, kartu kredit akan sangat menguntungkan. Tp kadang orang sering lupa diri ketika dpt kartu kredit shg byk jg yg akhirnya bermasalah.

  2. Andi said

    Sya Pribadi merasakan manfaat luar biasa dari kartu kredit, Suatu malam anak sakit dan segera perlu mendapatkan pertolongan dari dokter di rumah sakit, Padahal Dompet lagi tanggung bulan..alias bokek. Nah solusinya sya bawa anak saya ke rumah sakit yang menerima pembayaran pake kartu kredit….Akhirnya permasalah terselesaikan dan anak alhamdullilah mendapat perawatan yang semestinya dan sehat. Bermanfaat bukan kartu kredit?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: