Forum Inspirasi

"Small step for Big Destination…!

Membiasakan Diri Memberi Sedekah

Posted by jameswayne pada 21 November, 2008

bersedekah1

bersedekah

Kebiasaan bersedekah (berinfak) merupakan salah satu ciri orang yang beriman dan bertakwa (Baca misalnya QS. 2:3; 3:134; 8:3; 13:22; 14:31; 22:35; 35:29; dan 42:38). Orang yang memiliki ketakwaan kepada Allah niscaya akan senantiasa berusaha membelanjakan hartanya di jalan Allah, baik dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit (QS. 3:34).

Dalam sudut pandang kemanusiaan memberi sedekah merupakan salah satu perbuatan yang terpuji serta menggambarkan kepedulian sesorang akan lingkungan sekitarnya.Dalam kaitan dengan kegiatan bersedekah atau berinfak, ada hal yang perlu mendapat perhatian:

Pertama; bersedekah harus dilakukan dengan niat ikhlas dan semata-mata untuk memperoleh keridhaan Allah SWT. Bersedekah bukan untuk pamer di hadapan sesama manusia. Bukan untuk menunjukkan bahwa dia memiliki uang dan harta yang banyak.

Kedua; harta yang disedekahkan haruslah yang terbaik atau yang masih disukai (bila itu dalam bentuk barang). Bukan harta yang sudah tidak baik atau sudah tidak disukai lagi (QS. 2:267). Apalah artinya kita memberi sesuatu apabila sudah tidak baik atau sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi.Ketiga; hendaknya sedekah yang diberikan tidak disertai dengan perkataan-perkataan yang menyakitkan hati penerimanya. Juga tidak perlu disebut-sebut sebab hanya akan menimbulkan riya. Kalaupun disebut itu semata-mata agar dicontoh oleh orang lain (QS. 2: 271).

Menyertai sedekah dengan perkataan-perkataan yang menyakitkan hati penerimanya dan menyebut-nyebutnya dengan penuh kesombongan, hanya akan menghilangkan pahala sedekah itu. Orang yang bersedekah seperti itu dibaratkan seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu tanah itu dibawa air yang menyebabkan batu itu licin kembali.

Allah SWT mengingatkan: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. …” (QS. 2:264).

Oleh karena itu, agar sedekah yang dikeluarkan bermakna dan diberi imbalan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT hendaknya mengacu kepada tiga hal tersebut. Kalaupun kita tidak atau belum mampu bersedekah, maka sebaiknya kita mengucapkan kata-kata yang baik dan memberi maaf terhadap (tindak tanduk) orang yang meminta sedekah kepada kita.

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun”. (QS. 2:263).

by.Hadi Daeng Mapuna

Satu Tanggapan to “Membiasakan Diri Memberi Sedekah”

  1. cinta minyak said

    Official Website PERTAMINA

    setuju, klo bisa dalam hati mengucapkan Bismillah terlebih dahulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: