Forum Inspirasi

"Small step for Big Destination…!

Selamat Datang Prosesor 6 Inti

Posted by jameswayne pada 16 November, 2008

amdbarcelona550x512Belum puas kita mencicipi prosesor 2 dan 4 inti (core), lagi-lagi Intel, sang raksasa pembuat mikroprosesor, kembali membuat kehebohan. Apa gerangan yang mampu membuat nama Intel bergetar? Prosesor 6 inti, ini dia jawabnya.

Tanggal 15 September nanti sepertinya akan digunakan oleh Intel untuk mengumumkan hadirnya prosesor 6 inti. Dunnington –demikian nama prosesor 6 inti Intel—merupakan prosesor 6 inti pertama di dunia yang berbasis chip Penryn terakhir. Mengapa terakhir? karena Penryn akan digeser oleh mikroarsitektur Nehalem (Core i7) pada kuartal empat tahun ini. Dunnington masuk ke dalam seri Intel Xeon 7400, produk ini akan menargetkan di segmen server.

Xeon 7400 mengusung kinerja yang jauh lebih baik karena dibekali dengan cache sebesar 16MB dan 6 buah inti. Dunnington merupakan chip pertama Intel yang didesain monolithic, jadi 6 inti pada prosesor ini diletakkan pada selembar silicon. Sekadar informasi, sebelumnya semua prosesor yang memiliki lebih dari 2 inti selalu ditempatkan di 2 lembar silicon yang berbeda.

Intel mengklaim kalau Dunnington merupakan prosesor Intel Architecture (IA) pertama dengan 6 inti yang berbasis teknologi proses high-k dan memiliki shared cache yang besar. (ipm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: