Forum Inspirasi

"Small step for Big Destination…!

Sepak Bola VS Sepak Wasit

Posted by jameswayne pada 20 November, 2008

persija-persik-rusuh

persija-persik-rusuh

Sungguh disayangkan negeri yang mempunyai budaya dan adat timur yang terkenal santun justru dalam kenyataannya jauh dari tindakan yang santun. Jika sebelumnya saya menulis tentang mahasiswa yang anarkis, maka kali ini saya ingin mengulas Sepakbola Indonesia dalam ajang Liga Super yang selalu diwarnai  kekerasan di lapangan hijau maupun diluar stadion sekalipun.

Sederet panjang kasus kekerasan terjadi dalam berbagai laga sepekbola di tanah air, mulai dari perkelahian antarsuporter, bahkan dalam level kompetisi terbawah sekalipun, kerap kali terjadi. Belum lagi aksi saling pukul antarpemain, tindakan anarkis pemain memukul wasit, atau lemparan benda-benda keras ke lapangan pertandingan. Dari sederet kekerasan dalam sepak bola yang sangat  disayangkan adalah pemain sepakbola itu sendiri,yang seharusnya menjunjung supremasi sportifitas dalam berlaga di lapangan hijau, justru berlaku bak preman pasar.Seperti yang terjadi belum lama ini, merasa wasit berlaku tidak adil maka rame-rame pemain PSIR Rembang mengeroyok wasit Muzair Usman dan Jusman pada saat dijamu tuan rumah Persibom Bolaang Mongondow. Mestinya Liga Super yang menjadi ajang laga sepakbola bergengsi ditanah air diganti namanya LIGA SUPER SEPAK WASIT, jadi jika wasit dinilai sepihak tidak adil bisa dijadikan pengganti bola untuk disepak dan digoal kan ke gawang lawan.

Saya pribadi memang bukanlah simpatisan salah satu klub di tanah air, akan tetapi jika Timnas Indonesia berlaga melawan Timnas luar saya coba menyisihkan waktu untuk menonton permainan yang ditampilkan Timnas dan tentunya memberikan dukungan moral, akan tetapi dengan kejadian anarkis seperti ini membuat saya bertanya mau dibawa kemana arah sepakbola kita? Bagaimana mungkin mampu berprestasi di dunia internasional jika para pemainnya tidak mampu bermain dengan sportif. Apakah para pemain tidak memimpikan dan ingin menjadikan Tim sepakbola kita menjadi salah satu tim yang disegani setidaknya di Asia seperti yang pernah diukir oleh para seniornya di era tahun 70 an.

Jika kejadiannya selalu begini, saya berfikir  wajar saja persepakbolaan di tanah air tidakakan pernah  mampu berbicara banyak di kancah internasional, karena prestasi yang ingin diukir oleh para pemainnya adalah prestasi dalam menyepak wasit atau menghajar pemain lawan bukanya bermain bersih dan mencetak goal ke gawang lawan. Hemmmm sungguh ironi bukan,..tidak perlu mengurut dada…ANARKI sudah menjadi sarapan pagi dalam keseharian kita…

Mengapa Pemain kita terlihat lebih anarkis belakangan ini?

Salahkah polisi? Dalam kapasitasnya sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, adalah kewajiban polisi melakukan langkah-langkah antisipasi. Dan, pada beberapa sisi, lapangan sepak bola memang potensial menghadirkan konflik horizontal melebar hingga ke luar stadion.Dan, keributan seperti sudah menjadi bagian dari fanatisme sempit penonton sepak bola Indonesia. Tiada musim kompetisi yang bebas dari tindakan anarkis.

Ironisnya, kekerasan dan anarkis itu kian kerap muncul meski sudah ada kelompok-kelompok suporter yang terafiliasi ke klub-klub. Secara sosiologis, bisalah ini dipandang sebagai sikap tidak jantan bangsa ini. Keberanian ketika sudah berkumpul ramai-ramai.hahahaha dasar ayam sayurr….

Tapi, penonton bukanlah satu-satunya faktor yang bisa disalahkan. Buruknya profesionalisme pelaku sepak bola Indonesia, juga jadi pemicu. Ya, pemain, pelatih, atau wasit. Padahal, di dada mereka sudah disematkan perlambang profesionalisme. Karena itu, mereka mendapatkan bayaran sekelas manajer perusahaan terpandang. Bahkan, beberapa di antara pemain memiliki gaji sebesar direktur.

Manajemen kompetisi juga lemah. Badan Liga Indonesia sejatinya sudah membuat Manual Liga Super Indonesia. Syaratnya; hebat. Tapi, seiring perjalanan waktu, ada saja faktor-faktor yang membuat banyak persyaratan dikangkangi. Mereka takut kalau kompetisi hanya diikuti 6-8 klub saja rupanya.

Polisi? Ini pun tak beda jauh. Tak profesional. Polisi datang ke stadion untuk mengamankan dan karena itu mendapatkan ‘uang rokok’. Faktanya, sebagian besar justru datang ke stadion untuk menonton pertandingan, bukan mengantisipasi faktor pemicu keributan. Akibatnya, saat keributan terjadi, pergerakan polisi tak pernah taktis untuk mempersempit ruang keributan.

Mari kita coba menarik contoh dalam suatu laga di liga inggris, yang mana seorang striker Chelsea Didier Drogba saat merayakan uforia keberhasilannya dalam menjebol gawang lawang, si striker melemparkan sebuah coin kepada penonton, insiden ini tidak sempat menimbulkan kericuhan atau melukai supporter. Nahh Asosiasi sepakbola disana langsung bereaksi memberikan sanksi tegas pada drogba untuk tidak diperbolehkan bertanding beberapa kali berturut turut. Sungguh tegas bukan, walau hanya melempar coin tapi tindakan tersebut bukanlah bagian dari aksi yang dizinkan dilapangan hijau karena dikwatirkan dapat memicu kerusuhan dari suporter tim lawan. Bagaimana jika Liga super yang penuh aksi baku hantam diberikan sanksi yang tegas seperti itu, niscaya tidak ada lagi pemain yang bisa turun tanding lagi karena 90 persen pemain Liga Super terkena sanksi dilarang bertanding bahkan mungkin ada yang harus merasaan dinginnya tembok sel tahanan karena melukai wasit. Tapi disinilah beda sepakbola di negara maju dengan sepakbola tanah air kita. Saya fikir ini patut jadi contoh bahwa supremasi hukum perlu ditegakkan dengan tegas, setiap kesalahan harus ditebus dengan hukuman. Dengan demikian niscaya event pertandingan sepak bola benar-benar  mampu meberikan suguhan permainan yang indah penuh sportifitas serta ajang adu skill tim tim yang layak menyandang juara Liga Super. Semoga demikian……

About these ads

110 Tanggapan to “Sepak Bola VS Sepak Wasit”

  1. frans said

    Emang udah tabiat rakyat indonesia, dari kecil hobiny tawuran…memalukan!

  2. Marko said

    Hi. If you have problems with XML Sitemap use Sitemap Writer Pro.
    I tried different software for creating the sitemap for my website. This is the most effective one among 5-6 programs I tried.
    This powerful webtool generated the sitemap for your website in just seconds. Mayor search engines (Google, Yahoo, Ask, MSN, Moreover) were able to index and read your sitemaps without any problems. Not expensive and easy to use!

  3. JANCO LAGI LAGI JANCOK UNTUK JAKARTA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAASSSSSSSSSSSSSUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUIIIIIIIII INDONESIA

  4. JANCO LAGI LAGI JANCOK UNTUK JAKARTA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAASSSSSSSSSSSSSUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUIIIIIIIII PERSEJA JAAAAAAAAAAAAAAANCOKK TAK PANCALI RAIII MUUUUUUUUUU TOK

    SURAT INI UNTUK PERSIJA JANCOK KARENA MANGKAK KARO PERSSSIK MANIA

    • shendy said

      we sebgai warga jack mania sllu mdkung petsija sempe mati.

      bagi u BONEX & VIKING sm2 anjing u smua……………

      ornge sjti tkan berhenti
      persija smpai mti………..

      THE JACK……………………MANIA

      • vain said

        tai jack mania..kalo mau dateng k bandung..by viking bogor

      • the jaxk cengkarenk drain said

        w oren sejati
        walau harus mati.
        w kg gntar sm skali.
        mski hrus menunggu lama agar PERSIJA menjadi juara sejati.
        w kga perduli..!
        karna apapun yg ter jadi PERSIJA sampai mati…

        buat para bonek dn viking itu TAI ANJING..

      • aji said

        viking anjing

      • the jek tai said

        ah tai anjing the jek mana brani ke bdg setannn

        plng brni ke malang the jek anggotanya sdikit bgt …bisa keitung sama jari brani2 lawan viking bonek dasar tai ucing….

        gw tau awal the jek bis nonton itu di modalin ketua umu tiket gratis n baju gratis,,malu2in anjing…

    • the jaxk cengkarenk drain said

      viking bonek sm aja.. sm sm anjing n kaya tai anjing

      buat u smua para bonek n viking u smua ky

  5. d' jEKsss said

    wEWwww …
    biARin deh ,,
    buAT pemanasan pLayer yang belom sempet pemanasan ,,
    lagian , ,biaR makin tenarrr ..
    patut di tiru tuhhh ..

  6. YANG PENTING KN ASK

  7. yuni said

    woooooooooooy yg pnting kn azzzzzzzik
    buat lu semua yg bkn the jack taiiiii anjink

    by yuni jack jombank

  8. the jeak mania said

    aq 2 dari dulu emang suka 5 persija.ayoooooooooooo terus majuuuuuuuuuuuuuuu persija jakarta &brafooo alohraga

  9. irja said

    hidup persija gwe tetap suport bt loe sampe mati pun tetap persija jkt

  10. irja said

    anjing bt persikkkkkkkkkkkkkk katrooooooooooooo lawan bontan aja ampir kalah hehhehhehehheh payah loe gwe tunggu kedatangn loe di jakata ok the jak maniaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  11. boy said

    viking pengecut cuma berani dikandang doang.salam buat para the jackerssejati yang tak kenal lelah dukung PERSIJA gue jakmania jawabarat bersatu anti PERSIBBANGSAT ANJING lo smua yang dukung persib.BONEK-VIKING sama saja,sama sama anjing.

  12. boy said

    PERSIBBANGSAT VIKING-BONEK SAMA SAJA,SAMA SAMA ANJING.loe smua tuh cuma jagoan kampung smua.

    • the jek tai said

      hi anjing bansat the jek anjing setan banci smua mana brani dtng ke bdg anjing ,,coba klo persib maen di jkt pasti ksana smua n mana ada the jek di bdg tai smua..klo viking ada di jkt coyy

  13. romy said

    Wahhh wah kok pada memaki yahhhh

  14. lUcas said

    huft… gila ya,,?? rusuh eyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  15. the jack angeL cMaRank said

    .idup Persija,,
    .buad ianc Laend.na CHICKHEN
    .tRutama buad Persib,Rag mutu!!!
    .maju tiuz Persija,qta para The Jack sLaLu mendukung kamu,,,
    .ianc pnting asik!!!

  16. silvy said

    Buah jeruk kesukaanku
    PERSIJA I LUPH U

  17. adit said

    jangan lihat sisi negatifnya aj, lihat jg sisi lain apa yg jd pnybab persija jd bgicu. jgn hny persija yg disalahkan…. faktor lain jg hrs jd sorotan I LOVE PERSIJA…………………………………………………………………………………………………………………………

  18. 100 %Bobotoh said

    Pemain persijablay aza dah rusuh apalagi the jakanjingnya,dasar sampah ibukota,.buanglah thejak pada tempatnya jing.

  19. RIZKY said

    THE JAK K’SNYAN YU ……………..
    DNGR” DA RAPAT SMA JAK ANGEL

  20. ak pny anjink kcl ku bri nma viking,iya snang berlari-lari smbl bermain main…viking anjink,,viking anjink,,viking tai anjink,,,viking bonex sm sja,,sma-sma anjink,,

  21. PERSIJABLAY said

    lagu yg bwener ky gni,

    Viking Bonek sama saja…
    Asal jangan the jak….
    the jak itu anjing…

  22. MsNg LiLiN keNa MaTa
    KeNaLiN gW aNaK JaKaRtA

    BeLi BaJa Di TuKaNg KoRaN
    dUkUnG PeRsIjA mAcAn KeMaYoRaN

    bUaH jErUk KeSuKaAn kU
    pErSiJa IlOvE YoU

  23. ajis Jak Jelambar said

    ayo persija macan kemayoran, tunjukan taringmu, taklukan lawanmu, kami THE JAKMANIA, slalu mendukungmu, persija JUARA,.. salam kami jak JELAMBAR anti BIRU vikjing

  24. JOkO waRhaM said

    sEBEneRnyA BONEK sama VIKING kg aDa ikatan apa2,…

    karna gua kasihan aja liat VIKING nga aDA tmeN,… gw juga anak bonek, cuma kampung gw anti VIKING ANJENK,…

    semua bONEk antI VIKING males SKARng tmenan ama NJENK VIKJING,..

    klo yg baca jak mania gw minta BERDAMAI AJA oke boZ,..
    salam: anak2 bonek mania

  25. Ridwan said

    sangat memalukan klo bonek minta damai ma jakjing..sijoko pasti cuman oknum yg gtau pmasalahanya…yg pasti viking gkan damai ma jakjing ampe kiamatpun…

  26. JOkO waRhaM said

    eh Jink KedaTangN lu, gw hargain, tapi kedatangan gw ke banDunG, kg D harGaiN,. loe eMang PengecuT, viking fuck you,.!

    kami anak2 BoneK mania,. fuck to VIKING

  27. Ridwan said

    Eh jokjing,buktinya apa kdatangan bonek ke bdg g dihargain???? Yg ada jg klo bonek ke jkt pasti udah abis digebukin thejakjing ma FBR, lo pasti cuman oknum…

  28. JOkO waRhaM said

    dih ywDh soPo yg ngajakIn perang, ya uDah lah nanti kalau oe sama kamu ketemu oe cincang,..

  29. JOkO waRhaM said

    dih ywDh soPo yg ngajakIn perang, ya uDah lah nanti kalau oe sama kamu ketemu oe cincang,..

    salam kami bonek MANIA,..!

  30. viking bonek podo bae, podopodo asu, podopodo asu …..

    persib dan persebaya akan terdegradasi ….

    salam damai

    jak mania ulujami…

  31. ViKinG purWaKarta said

    para bobotoh tong k bawa esmosi..
    ieee maa provokatorr na budakk de jack taiii..
    mun mnh k bw esmosi,, berarti mnh domba nu daekk di adu-adukeun..
    musuhh viking mah ngan the jackk,,
    semenjakk ngahiji jeung bonekk, viking jadi loba musuhh sabab ku bdk de jack anjink di adu”keun..
    jadi urangg salarea tong gampang k provokator,,
    maenya eleh ku budak the jackk anjink, nu bisaan nga provokatorna..

    tonk sieunn k bdx de jackk anjink..
    maennya masyarakat pasundan euweuh ka waniii..
    killl all the jackkkkk anjing, gobloggg, taiii, babiiii..

  32. ViKinG purWaKarta said

    para bobotoh tong k bawa esmosi..
    ieee maa provokatorr na budakk de jack taiii..
    mun mnh k bw esmosi,, berarti mnh domba nu daekk di adu-adukeun..
    musuhh viking mah ngan the jackk,,
    semenjakk ngahiji jeung bonekk, viking jadi loba musuhh sabab ku bdk de jack anjink di adu”keun..
    jadi urangg salarea tong gampang k provokator,,
    maenya eleh ku budak the jackk anjink, nu bisaan nga provokatorna..

    tonk sieunn k bdx de jackk anjink..
    maennya masyarakat pasundan euweuh ka waniii..
    killl all the jackkkkk anjing, gobloggg, taiii, babiiii..

    aYooo ViKinG PurwAkArta..berSatu…..
    paEhan Budaxx de JAckk anJInk..

    “”MONTONG SIEUN K BUDAK the jack anjinkk””

    • dhomar vtr said

      viking anjink

    • astafirulahc ….
      sebaeg.a suporter indonesia ntue hrus bersatu …
      saling mendukung ndt saling berkerja sma …
      jangan tw.a tauran mlulu …
      bleh lahc olk”kan .. lwt lgue kan bsa … cba dehc .. kaliandt semua suporter indonesia pikir app gna.a twran ,,, ngk add kan ..
      gmna bola indonesia mw mju rank suporter.a ajj kya nehc …
      qw salku suporter indonesia sngat kecewa ..
      tlong bnkitkan nma sepak bola INDONESIA …
      ndt buktikan lw INDONESIA uga BISA mju …

      salam mnesiz dri qw ‘cici sehc pusamanita sjti’
      bwt suporter indonesia berdamai lahc sobhh !!! .

  33. Bang jak said

    HEY PARA ANZINK :
    viking, bonek, nj, kabo mania, sakera, brajamusti, boro mania, betman, benteng viola, persik mania, delta mania, sfc, kampak mania, dll… npa msti bersatu ma viking anjink, kalian mau jdi musuh gw ??
    Dasar Para anzing..

    salam jempol telunjuk wat nak-nak :
    AREMANIA
    SLEMANIA
    LA MANIA
    PASOEPATI
    DLL..

  34. Singa Mania.. said

    dasar cah the jack anzink,,

  35. jak jelambar said

    JAK_AR_TA bersatulah,…!

    -JAK mania-
    -ARemania-
    -deTAmania-

    anti:
    VIKJING
    BONEXA
    a_NJ_ing
    salam JAK ”JELAMBAR”

  36. Fredy said

    Memang thejakjing provokator yg suka mengadu domba…dasar sampah ibukota..
    Salam..aremania…

  37. romy said

    Gimana mo maju sepak bola indonesia jika pemain gontok gontokan…Supporter saling tawuran. Mari kita berfikir yg lebih global dan dalam kerangka kebangsaan. Lihatlahh dengan mata dan nurani yg lebih jernih…apa yg bsa diperbuat tim sepka bola kita diluar indonesia,…Macan ompong ama vietnam slalu kalah ama singapur yg negara sebesar gurem takluk berlutut apa lagi lawan thailand….malu sya lihat yg begini..hnya berfikir dalam kerangka layaknya katak dalam tempurung. Maaf kawan..itulah realita.

  38. samsudin said

    tadi BONEK tLp w,.. ktbya BONEK minta damai ama the jak,…
    trus gw sbagai NJ mania sih,.. tercerah BONEK Aja,.. mw bantay the jak jadi, mw bantai viking jadi,..
    salam NJ MANIA

  39. romy said

    Makin malas aja lihat sepakbola liga lokal nehhhh tawuran muluk…

  40. jnguii jak sllalu said

    ad kucing ,
    makan kancing,
    anak vking,
    kya anjing,

    beli duku,
    di utara,
    amit-amit
    gue dkung persitara..

    ada bank jak,
    lagi mnCing.
    the jak ANTI vking Anjing…

  41. yogi said

    Ada bank jak,
    makan kancing
    anak the jak tai anjing.

  42. vhoncyo said

    seharus nya pemain dapat menahan emosi pada saat sedang bertanding seta jangan mengundang emosi lawan,,,,jika dunia persepak bolaan qta maju kan qta sendiri yang akan menikmatinya,,,,,,,,,,

  43. renshy said

    Gimana mau maju sepak bola Indonesa kalau hanya mengandalkan berantem……berantem dan berantem ayo kita dukung terus sepak bola tapi jangan ada perselisihan

  44. ROMAN'Z said

    BONEK VIKING SAMA AJA, SAMA2 ANJING, BONEK VIKING TAII ANJING
    BONEK VIKING SAMA AJA, SAMA2 ANJING, BONEK VIKING TAII ANJING

    “SALAM THE JACK MANIA”

  45. Renshy said

    ayo persija tunjukan tarigmu dan maju terus kami the jack akan selalu medukungmu jadilah juara di liga isl

  46. deni said

    ayo persija the jack mania tunjukan kreafitasmu berjuanglah persija

  47. jody said

    persija aku pendukungmu ayo majulah terus persija untuk mencapai pringkat 1 ok. b.pamungkas bawalah persija ke pringkat 1 aku suka b.pamungkas dan garuda/indonesia

  48. TUKANG OJEK NAEK RX- KING
    ANAK THE JAK ANTI VIKING

  49. persija… persija ooo persija….
    majulah persija pantang mundur
    tunjukan taring mu taklukan lah lawan mu
    viking bonek dibunuh saja ….

  50. dadang vikers said

    selamat bwt persija yang lambat laun masuk zona degradasi….amien…

    all the jak are bastard…
    buanglah the jak pada tempatnya….

    • the jack bintaro said

      g salah yg harus di buang adalah viking karena viking sampah jadi sampah harus di buang pada tempatnya

    • v_Jakdolz said

      daah bandung mah banyakin aja JABLAYnya sm bkin Baju yang bagus tapi gambarnya ANJING lg berakin bandung…

      BARU ITU VIKERS…..Sang anjing sejati,,

      _THE JAK CIREBON_

  51. viking : visual KINGKONG
    bonek : bodoh nekat
    N J : norak jancok

    mereka sehati, mereka satu sanubai,,, mari kita musnahkan mereka ..
    caranya REG VIKING BONEK NJMANIA
    KIRIM KE NERAKA

  52. pendek wong kediri said

    he wong malang,malang bner nasibmu,matio ae mngko sore nak lamongan sejarahe kediri kro malang, malang gak tau menang,mesti bongkone, musuhmu nak ndi2,MALANG;MAti mboLANG {FUCK AREMA,…..ASUUUUUUUU!!!!} BONEK VIKING KEDIRI BERSATULAH hidup kediri

    salam PERSIK MANIA

  53. bagi mu persib jiwa raga kami………..
    the jack betawi kampungan,, viking sunda gaul,,
    persib aink aink pisan..persija anjing anjing pisan…..
    persijablay pelacur….
    orange = banci/pengecut
    biru = bdarah biru/orang terpandang. kaya raya.

    PERSIJA LAMBANG WARNA
    TAHI ANZINK

  54. PERSIJA JAKARTA TAI ANZINK !!!

    WARNA NYA ORANGE BRARTI KAYA WARNA TAI ANJING !!!

    BALAS KLO GK DA YG BLS,,
    THE JACK SMUA NYA PADA PENGECUT BENCONG..
    DAN ANZINK PISAN !!!!!!!

    DEMI ALLOH SAYA MAH
    BENCI SAMA PERSIJA !!!

  55. JALAK HARUPAT ISTANA KU,, SURGA KU ,,
    LEBAK BULUS KAYA TONG SAMPAH,,APA LAGI SENAYAN..
    PANTESAN PERSIJA MAIN DI LEBAK BULUS/SENAYAN,,
    KARNA SUDAH SHARUS NYA..

    ANZING ARI SIA WANI KA AING,,
    MAEN BOLA EUWEUH KA BIGUG SIA MAH,,
    KOMO GELUT JENG AING,,MODAR MEUREUN……
    AING TI GARUT,, NGADUKUNG PERSIB..!!!!!
    PERSIJABLAY….TAI ANJING,,

  56. ahk ,mank viking kya anjink,klo brani dtng ajj boz k jakarte ,jngn cma brani d kmpung loe doank

  57. viking bonek sma saja,SAMA_SAMA ANJIK ,braninye d kndng doank ,klo loe cmua pnya nyali dteng aje k jakarte

  58. Usro bin maung said

    Persija TAI ANJING, DASAR MONYET, GOBLOG, BANGSAT MODAR ANJING

  59. salute to pelita said

    woiii.. bapak2 ibu2 anjing@ janco2 sekaalian..
    seratus persen comment diatas terbukti orang yang tidak mengenal bangku sekolah..
    mana mau maju sepakbola indonesia kalo pada rusuh gini.. inget bhineka tunggal ika biar kalian ga jadi sampah indonesia..

  60. jak sejati said

    ala viking bisa.a cma dikandang
    the jak ke bandung gax nape2
    mlhn viking yg bonyok dsr brni dikndg,gax pnya nyali

    maungmu terlalu kcil bgi kmi di siliwangi kmi bsa mghjrmu…
    vikink hnya aib……

  61. jak sejati said

    batu bata nmpl di’idung
    nak jakata anti bandungg….

    by:jak poesat

  62. bonek sampahnya wong surobayo nonton bola dak katik modal….
    viking TAI ANJING…..

    SALAM SATU JIWA

  63. dasar viking anjing
    lw pkir lw brani dtng
    ke istana gw

    wat smua viking nd bonex tai anjing

    iiiilloove you persijaaa

  64. Fila said

    VIKING ITU ANJING

  65. Fila said

    VIKING BONEX SAMA SAJA
    SAMA SAMA ANJING
    AND VIKING & BONEX WAJAHMU KAYA TAI

    • SAYA said

      NJ BAU TAI AND NJ ANJIK
      TAIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

  66. SAYA said

    NJ BAU TAI AND NJ ANJINK

  67. salam mneis ajj nehc bwt suportor indonesia …
    damai itu indah sobh ….

  68. Budi bayusantosa said

    persibbbb

  69. Budi bayusantosa said

    urang ge kolot ti garut mertua orang betawi,ttp we PERSIGAR FOREVER…PERSIB alo,lanceuk ipar,indung urang beuki persib..urang mah beuki henceut betawi ihik.

  70. slamet said

    ayo the jack beraksi ………………..

  71. leon said

    selamat berkata the jack anjing

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: